Selasa, 22 November 2011

Tingkatkan Produksi Ikan Pemprov Sulbar Bangun PPN

Guna memaksimalkan pengelolaan potensi perikanan pada tahun 2012 Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat segera akan membangun Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) di Kabupaten Majene.
Hal ini ditegaskan oleh Gubernur Sulbar H.Anwar Adnan Saleh di ruang kerjanya. Dikatakan bahwa pada tahun 2011 pemerintah Sulawesi barat akanmemaksimalkan pengelolaan potensi laut untuk meningkatkan produksi perikanan salah satunya dengan memaksimalkan sarana dan prasarana.
Ia menjelaskan bahwa dengan potensi luas laut sekitar 20.000 kilometer lebih luas dari wilayah daratnya hanya sekitar 17.000 kilometer memiliki tingkat produksi perikanan sekitar 67.000 ton pertahunnya, oleh karena it5u pada tahubn 2012 pemerintah akan berupaya terus meningkatkan hasil produksi hingga sampai 3 kali lipat dari produksi yang dihasilkan saat ini.
Selain itu pemerintah juga akan membangun pabrik pengolahan ikan yang diharapkan akan memacu semangat para nelayan untuk terus menangkap ikan guna kesejahteraan mereka. "Sektor perikanan di Sulbar diharapkan dapat berperan menumbuhkan ekonomi Sulbar" ujar Gubernur.
Pemerintah Sulbar telah menjalin kerjasama dengan salah satu investor dari jerman untuk membangun Pabrik pengolahan Ikan di kabupaten Majene yang akan berlokasi di Kecamatan sendana sekitar 102 kilometer dari kota mamuju dengan lahan seluas 100 hektare.
PPN Majene yang nantinya akan menjadi pelabuhan perikanan terbesar di Sulbar dengan penampungan ikan sekitar lima hektare dengan panjang dermaga 200 meter, anggaran pembangunannya akan dialokasikan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui anggaran APBN Perubahan 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar